Skip to content
    Homepage/Artikel/Cara Akses E-Kinerja BKN: Panduan Lengkap untuk Administrasi-Penilaian ASN

    Cara Akses E-Kinerja BKN: Panduan Lengkap untuk Administrasi-Penilaian ASN

    By adminPosted on 23/12/2025

    Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara berkelanjutan mengupayakan digital untuk mempermudah pengelolaan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Aplikasi ini dikenal dengan sebutan e-Kinerja, lalu bagaimana cara akses e-Kinerja.

    Dilansir dari laman resmi BKPSDM Kabupaten Purwakarta, aplikasi e-Kinerja digunakan untuk percepatan pelayanan kepegawaian dalam Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN). Melalui platform ini, sistem dapat menggabungkan serta mengkolaborasikan berbagai bentuk aktivitas kerja dalam satu wadah digital yang terintegrasi.

    Baca Juga
    “Harga Daging Sapi di Palembang Merangkak Naik, Capai Rp 140.000/Kg”

    Secara fungsional, e-Kinerja membantu dalam upaya pemantauan, evaluasi, hingga pelaporan kinerja berbasis hasil yang lebih transparan. Berikut cara akses e-Kinerja.

    Aplikasi e-Kinerja merupakan platform berbasis website yang diluncurkan secara resmi oleh BKN untuk mendukung implementasi manajemen kinerja ASN.

    Aplikasi ini memiliki beberapa karakteristik utama, yaitu terintegrasi sepenuhnya dengan SIASN, menggunakan basis data (database) ASN nasional, serta mengadopsi struktur data dan tabel yang seragam sesuai dengan standar teknis BKN.

    Berdasarkan referensi dari Buku Panduan Diskominfo Pesisir Selatan, aplikasi e-Kinerja digunakan secara komprehensif untuk menganalisis kebutuhan jabatan, beban kerja jabatan, serta beban kerja satuan organisasi. Keunggulan utama dari sisi administratif adalah efisiensi operasional.

    Proses seperti pengangkatan jabatan hingga pemberhentian pegawai dapat dilakukan tanpa perlu mengunggah dokumen secara berulang untuk penamaan data. Melalui aplikasi ini, setiap perangkat daerah mendapatkan kemudahan dalam pengelolaan kinerja ASN secara kolektif.

    Tindak lanjut dari hasil kinerja dapat dilakukan dengan lebih mudah, efisien, efektif, serta akuntabel. Pengembangan aplikasi ini membawa harapan besar agar menjadi instrumen pendukung bagi pimpinan dalam memproses keputusan strategis atas capaian kinerja setiap individu ASN di lingkungannya.

    Bagi para Aparatur Sipil Negara yang akan memulai pengisian sasaran kinerja, berikut adalah tata cara akses e-Kinerja yang dapat diikuti secara berurutan:

    Langkah pertama untuk mengakses layanan ini adalah memastikan perangkat terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Pengguna wajib mengakses laman resmi yang telah disiapkan oleh pemerintah untuk menjaga keamanan data. Alamat situs resmi yang digunakan adalah: .

    Keamanan akses e-Kinerja dilindungi melalui sistem enkripsi yang terhubung dengan database nasional. Pengguna perlu menyiapkan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan kata sandi (password).

    Username yang digunakan adalah NIP masing-masing ASN, sedangkan password yang digunakan adalah password yang sama dengan aplikasi MySAPK (saat ini telah bertransformasi menjadi MyASN).

    Setelah kolom username dan password terisi dengan benar, langkah selanjutnya adalah menekan tombol “Sign In”. Jika data autentikasi valid, laman akan secara otomatis mengarahkan pengguna masuk ke dalam dasbor utama aplikasi e-Kinerja.

    Apabila terdapat kendala berupa lupa kata sandi saat mencoba masuk, pengguna tidak perlu khawatir. Tersedia fitur reset password yang terintegrasi.

    Perubahan atau pemulihan kata sandi dapat dilakukan melalui aplikasi atau portal MyASN (dahulu MySAPK) pada alamat:

    Pengembangan aplikasi ini memiliki dasar fundamental untuk mengukur dan mengontrol kinerja ASN secara berkala. Berikut adalah rincian mengenai tujuan dan manfaat dari penerapan aplikasi e-Kinerja:

    Selain memiliki tujuan strategis, e-Kinerja memberikan manfaat nyata dalam operasional birokrasi, antara lain:

    Pemanfaatan teknologi ini tidak lain bertujuan untuk mempermudah proses monitoring kinerja ASN. Demikianlah artikel mengenai tata cara akses e-Kinerja bagi ASN. Semoga dapat membantu dan bermanfaat!

    Artikel ini dibuat oleh Annisaa Syafriani, mahasiswa magang Prima PTKI Kementerian Agama.

    Apa Itu Aplikasi E-Kinerja?

    Panduan Lengkap Cara Akses E-Kinerja

    1. Akses Laman Website Resmi e-Kinerja

    2. Login Menggunakan NIP

    3. Melakukan Sign In

    4. Penanganan Lupa Password

    Tujuan dan Manfaat Implementasi E-Kinerja

    1. Tujuan Aplikasi E-Kinerja

    2. Manfaat Aplikasi E-Kinerja

    Share this:

    Related posts:

    • Polisi Tetapkan Pemilk Lahan di Muaro Jambi Jadi Tersangka Karhutla 189 Ha

    • 10 Peristiwa Penting Bulan Rajab: Isra Miraj hingga Hijrah ke Habasyah

    • Jadwal Puasa Senin Kamis di Bulan Rajab 1447 H, Ini Keutamaan dan Niatnya

    Baca Juga
    “Selain Bupati Bekasi, Ini Daftar Tangkapan KPK Libatkan Ayah-Anak”
    Posted in ArtikelTagged 1. Akses Laman Website Resmi e-Kinerja, 1. Tujuan Aplikasi E-Kinerja, 2. Login Menggunakan NIP, 2. Manfaat Aplikasi E-Kinerja, 3. Melakukan Sign In, 4. Penanganan Lupa Password, Apa Itu Aplikasi E-Kinerja?, Panduan Lengkap Cara Akses E-Kinerja, Tujuan dan Manfaat Implementasi E-Kinerja

    Post navigation

    Previous post Pemprov Sumsel Siagakan Alat Berat dan Jembatan Bailey Hadapi Bencana
    Next post Amalan Doa Bulan Rajab 1447 H: dari Zikir Pagi hingga Istighfar Penghapus Dosa
    Non AMP Version
    Info Lampung - All Rights Reserved
    • Home
    • Kategori
      • Berita
      • Berita Kriminal
      • Berita Lokal
      • Berita Politik
      • Kesehatan
      • Bisnis
      • Keagamaan
      • Berita Kesehatan
      • Pendidikan
      • Berita Cuaca
      • Berita Terkini
      • Travel
    Exit mobile version

    Referensi terkait:

    • Kunjungi Situs
    • Baca Selengkapnya
    • Giok4D