BPJS Ketenagakerjaan mempunyai aplikasi bernama Sistem Informasi Pelaporan Peserta (SIPP) yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola dan verifikasi data kepesertaan. Karena ini penting, perlu mengetahui cara daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan.
Setiap perusahaan wajib melaporkan data pegawai di SIPP BPJS Ketenagakerjaan. Tujuannya untuk memberikan perlindungan dan jaminan sosial yang diperlukan karyawan. Data diri karyawan seperti NIK dan lainnya mesti diinput dalam sistem yang disediakan.
Berikut infoSumbagsel berikan rangkuman cara daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan yang bisa menjadi pedoman untuk perusahaan mendaftarkan pegawainya. Yuk, simak dan catat.
SIPP BPJS Ketenagakerjaan digunakan untuk mengisi data pekerja agar mendapat perlindungan. Selain itu, beberapa keuntungan lainnya bisa dirasakan pihak perusahaan dan karyawan. Berikut ini sederet keuntungan dari SIPP BPJS ketenagakerjaan:
Untuk melakukan pelaporan, dapat memulai pendaftaran akun melalui website resmi SIPP BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ini langkah-langkahnya.
1. Buka website melalui link
2. Klik “Buat Akun Baru”
3. Isi data perusahaan dan identitas pengguna
4. Masukkan captcha
5. Isi Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dan divisi
6. Jika NPP terdaftar, maka otomatis nama perusahaan akan terisi
7. Klik “Next”
8. Muncul tampilan field data user login
9. Masukkan email dan password
10. Klik “Next”
11. Muncul tampilan data user KPJ
12. Isi kolom nomor peserta (KPJ), nama, tanggal lahir, dan nomor HP
13. Lakukan verifikasi nomor HP
14. Pastikan berhasil
15. Pengguna akan menerima email untuk aktivasi akun SIPP
16. Lakukan login
Setelah berhasil mendaftar akun perlu melakukan login agar bisa melanjutkan proses pelaporan. Gunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Ini panduan untuk login SIPP BPJS Ketenagakerjaan.
1. Masukkan username, password, dan captcha
2. Klik “Login”
3. Pilih perusahaan sebelum masuk halaman utama
4. Klik “Ok”
5. Setelah berhasil masuk, akan muncul tampilan halaman FAQ
Untuk mengecek validasi NIK yang diperlukan dalam berbagai layanan BPJS Ketenagakerjaan, seperti pengajuan klaim Jaminan Hari Tua, jaminan pensiun, atau pencairan manfaat lainnya. Berikut langkah-langkahnya.
1. Login akun SIPP BPJS Ketenagakerjaan
2. Pilih menu “Data Peserta”
3. Masukkan data karyawan mulai dari NIK, KPJ, dan tanggal lahir
4. Verifikasi dan cek NIK
5. Sistem akan menampilkan status kepesertaan dan informasi NIK
6. Informasi dapat dicetak atau disimpan sebagai hasil verifikasi
Pengecekan NIK ini hanya dapat dilakukan oleh pihak yang memiliki akses resmi perusahaan di SIPP. Pastikan data perusahaan dan karyawan telah diperbarui sehingga dapat menghindari error saat pengecekan. Ketika mengalami kendala, perusahan bisa menghubungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat melalui layanan bantuan di laman resmi SIPP.
Itulah cara daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan lengkap dengan cek NIK karyawan. Semoga membantu, ya.