Pelayanan Publik Pemkot Jambi Raih Predikat Baik, Kinerja Maulana Diapresiasi

Posted on

Pemerintah Kota Jambi kembali meraih penghargaan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) atas penyelenggaraan pelayanan publik Pemerintah Kota (Pemkot) yang dinilai baik.

Bahkan, KemenPANRB menganugerahkan Predikat “Pelayanan Prima” bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemkot Jambi.

Wamen PANRB Purwadi Arianto tampak memberikan rasa terimakasih atas performa pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil Pemkot Jambi. Ia menyatakan puas terhadap kualitas layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dimiliki Pemkot Jambi sehingga menghadirkan kenyamanan, kemudahan, serta efisiensi bagi masyarakat.

“Menurut saya, dari segi lokasi sangat strategis karena berada di tengah kota, sekaligus menyediakan berbagai fasilitas layanan, baik dari daerah, lembaga, hingga instansi pusat. Hal ini tentu memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang datang untuk mengakses berbagai layanan,” kata Purwadi dalam rilis yang diterima infoSumbagsel, Kamis (18/9/2025)

Wamen menyatakan, pemberian kenyamanan dalam pelayanan publik sejalan dengan arahan Presiden Prabowo Subianto.

“Besar harapan kami, para personel yang bertugas di sini dapat memberikan pelayanan terbaik dengan aman, nyaman, dan cepat, khususnya bagi masyarakat yang sedang mengurus maupun mengajukan permohonan, sehingga semua proses dapat semakin dipermudah,” ujarnya.

Terkait penghargaan yang diterima Pemerintah Kota Jambi, ia berharap keberadaan MPP dengan seluruh layanan yang telah terintegrasi dapat terus memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

“Saya berharap capaian yang telah diraih ini dapat terus dipertahankan, dijaga, bahkan ditingkatkan. Harapan saya, pelayanan publik di Kota Jambi tetap berlanjut dan berkembang, sehingga masyarakat dapat merasakan layanan yang cepat, inklusif, serta benar-benar berdampak positif bagi kebutuhan mereka,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi yang sangat besar secara khusus kepada Wali Kota Jambi yakni Maulana. Menurut dia, Mualana mampu memberikan inovasi baik terutama menjadi Pemerintah yang bisa memberikan pelayanan baik bagi masyarakat.

Apresiasi di tingkat nasional itu diberikan langsung oleh pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) melalui Wamen PANRB Purwadi ke Wali Kota Jambi Maulana.

Wamen PANRB juga menilai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jambi, sebagai salah satu simpul pelayanan publik yang dinilai memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Penilaian tersebut dilakukan KemenPANRB dalam rangka Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2024.

Pencapaian ini sekaligus mencatatkan Disdukcapil Kota Jambi sebagai satu-satunya organisasi perangkat daerah (OPD) di Provinsi Jambi yang berhasil meraih Predikat Pelayanan Prima PEKPPP tersebut.

Penghargaan dan apresiasi berupa Piagam Predikat Pelayanan Prima tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Purwadi Arianto dan diterima secara langsung oleh Wali Kota Jambi, Maulana di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Jambi

Dalam prosesi penyerahan penghargaan itu, Wamen PANRB beserta rombongan juga berkesempatan meninjau berbagai gerai pelayanan dan menyaksikan langsung prosesnya. Ia juga menyempatkan diri berbincang dengan para petugas pelayanan, sekaligus mendengarkan pengalaman masyarakat yang sedang menunggu layanan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Wali. Semoga MPP ini dapat menjadi contoh bagi tempat-tempat pelayanan publik di daerah lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Jambi Maulana, menegaskan bahwa penghargaan yang diraih ini merupakan hasil dari kerja keras dan kolaborasi seluruh jajaran Pemerintah Kota Jambi, khususnya dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Atas nama Pemerintah Kota Jambi, Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penghargaan ini. Capaian ini menjadi bukti nyata bahwa kualitas layanan publik di Kota Jambi terus mengalami peningkatan di berbagai aspek,” ujarnya.

Maulana menambahkan, penghargaan tersebut semakin memotivasi jajaran Pemkot Jambi untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan, seluruh jajaran Pemerintah Kota Jambi dapat terus bersemangat dalam memberikan pelayanan yang prima, cepat, dan tepat kepada masyarakat,” lanjutnya.

Wali Kota Maulana juga mengungkapkan perkembangan pesat yang dicapai MPP Kota Jambi. Dalam kurun waktu tiga tahun sejak berdiri, MPP Kota Jambi telah menyediakan 131 layanan dari 32 gerai yang ada.

“Pelayanan terbaru yang kami hadirkan adalah layanan keimigrasian untuk pembuatan E-Paspor, yang manfaatnya sangat dirasakan masyarakat, terutama bagi mereka yang hendak melaksanakan ibadah umrah. Layanan ini mendapat sambutan yang sangat antusias,” jelasnya.

“Untuk memastikan pelayanan publik yang prima sekaligus bebas dari praktik pungutan liar (pungli), kami juga telah menghadirkan Aplikasi Lapor Pak Bos. Inovasi ini dirancang agar masyarakat lebih mudah menyampaikan pengaduan, saran, maupun masukan, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan dalam peningkatan kualitas pelayanan,” tutupnya.

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Kota Jambi, Wakil Menteri PANRB Purwadi Arianto beserta rombongan juga meninjau beberapa pusat pelayanan publik lainnya. Salah satunya adalah Puskesmas Simpang Kawat, di mana Wamen melihat langsung sarana dan prasarana yang tersedia, serta menyaksikan kinerja tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *