Sekda Banyuasin Marah Pelayanan Masyarakat Sudah Tutup Siang Hari

Posted on

Sekretaris Daerah Banyuasin Erwin Ibrahim menegur petugas gerai pelayanan milik pemerintah kabupaten di komplek OPI Mal Jakabaring karena tutup lebih awal pukul 13.30 WIB, seharunsya pelayanan tutup pukul 16.00 WIB. Erwin pun memberikan teguran kepada petugas di lokasi itu.

Dalam sidak itu, Erwin yang juga Ketua Satgas Pelayanan Perizinan Satu Pintu mendapati masyarakat antre hingga ke luar gerai. Di antaranya bahkan tak mendapat pelayanan dan akan pulang karena petugas menyebut tidak menerima proses lagi.

“Kami datang dari kecamatan di wilayah perairan, jauh-jauh Pak, tetapi sampai di sini ditolak karena petugas mengatakan pelayanan sudah tutup. Padahal jam pelayanan buka sampai dengan pukul 16.00 WIB,” ujar salah satu warga yang ingin memproses pembuatan KTP dan KK, Selasa (16/9/2025).

Sekda Erwin yang berada di lokasi lalu menginstruksikan petugas untuk membuka layanan hingga jam kerja berakhir. Menurutnya, dia diminta Bupati Banyuasin Askolani untuk mengawasi gerai pelayanan setiap pekan secara diam-diam.

“Saya diperintahkan Pak Bupati Askolani untuk melakukan pengawasan paxa tiga gerai pelayanan setiap minggu secara diam diam. Itu untuk memastikan pelayanan berjalan dengan baik dan masyarakat terlayani dengan baik,” ujar Erwin.

“Dan saya lihat ada warga yang tidak dilayani, wajar saja petugas saya tegur dan minta pelayanan tetap buka sampai pukul 16.00 WIB. Bila perlu sampai lebih pukul 16.00 WIB,” sambungnya.

Erwin memastikan, pegawai yang tidak melaksanakan tugas dengan baik akan diberi sanksi tegas. Teguran juga akan diberikan kepada kepala dinas terkait.

“Kami akan tindak tegas jika ada petugas yang tidak memberikan pelayanan kepada masyarakat, kepala dinasnya saya tegur termasuk petugas di meja pelayanan tersebut. Kita tidak mau masyarakat kita jauh-jauh datang harus pulang dengan kecewa. Saya minta pada saat itu juga proses pembuatan KTP mereka diproses dan selesai, saya tunggu sampai selesai, kami tidak ingin hal ini terjadi lagi” ungkapnya.

Terkait gerai, Pemkab Banyuasin juga telah memperbanyak titik-titik unit pelayanan. Tidak hanya ada di Pangkalan Balai, tetapi juga di titik strategis dan tengah-tengah masyarakat seperti di Citra Grand City dan OPI Mall Jakabaring.

Sementara itu, Koordinator Gerai Layanan OPI Mall Jakabaring Risdiyansyah memastikan kejadian serupa tidak akan terulang lagi. Pihaknya juga akan terus melakukan perbaikan dan peningkatan layanan kepada masyarakat.