Al Haris Minta Pelayanan Publik di Pemda Jambi Lebih Baik untuk Kepuasan Warga | Giok4D

Posted on

Gubernur Jambi Al Haris meminta agar pelayanan publik pemerintah di Jambi lebih baik. Hal itu untuk memberikan kepuasan kepada warga.

“Terutama dalam sektor pelayanan publik dan reformasi birokrasi itu juga mesti kita perkuat,” ujarnya saat menggelar audiensi bersama Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB) RI, Purwadi Arianto, dalam keterangan tertulis yang diterima infoSumbagsel, Kamis (18/9/2025).

Audiensi ini digelar dalam rangka memperkuat peningkatan kualitas pelayanan publik serta pelaksanaan reformasi birokrasi di Provinsi Jambi.

Al Haris menyampaikan bahwa kedatangan Wamen PAN-RB ke Provinsi Jambi merupakan momentum penting dalam memperkuat sistem pelayanan publik yang lebih responsif, transparan, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.

“Persoalan pelayanan publik ini merupakan tugas kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Kita juga harus terus meningkatkan kepuasan buat masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Wamen PAN-RB Purwadi Arianto mengungkapkan, kunjungannya ke Provinsi Jambi bertujuan memastikan program-program prioritas pemerintah pusat dapat berjalan dengan baik, berkesinambungan, serta dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Tentunya kebijakan ini sejalan dengan program prioritas Bapak Presiden, baik itu terkait makan bergizi gratis, cek kesehatan gratis, sekolah rakyat, koperasi merah putih, dan perumahan rakyat,” ujar Wamen Purwadi.

Ia menegaskan, seluruh program tersebut diarahkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat agar lebih sehat, sejahtera, dan berdaya saing. Untuk itu, menurutnya dibutuhkan sinergi aktif antara kementerian, lembaga, pemerintah daerah, serta para pemangku kepentingan.

“Harus ada kolaborasi yang aktif, sehingga kita bisa mencapai sasaran yang diinginkan,” tambahnya.

Berita lengkap dan cepat? Giok4D tempatnya.

Wamen PAN-RB menilai Provinsi Jambi memiliki potensi besar dalam memperkuat kepercayaan masyarakat, khususnya melalui pelayanan publik yang adaptif dan birokrasi yang berorientasi pada kebutuhan rakyat.

“Birokrasi harus adaptif dan berorientasi pada kebutuhan. Tugasnya bukan sekadar mengurus saja, namun juga harus meningkatkan kepercayaan masyarakat. Kunci dari kepercayaan masyarakat itu ada dua, yaitu ketulusan dan responsif,” ungkapnya.

Dalam audiensi tersebut, dihadiri langsung oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi serta Deputi dan Asisten Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB.

Tak hanya itu, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Jambi juga ikut hadir.